BERBAGI KEBAIKAN DI BULAN RAMADAN

Posted by Unknown Jumat, 28 Agustus 2015 0 komentar
Peristiwa ini sudah lama berlalu, tentang sebuah cerita dari sahabat sepulang dari kantor. Namun, hikmahnya tak lekang ditelan waktu.
Suatu sore sepulang dari kantor, diterpa gerimis hujan, saya mampir di sebuah kedai soto di jalan ngurahrai, klender, Jakarta. Lalu sambil duduk menunggu semangkuk soto sambil membaca koran. Dambil menunggu macet yang belum terurai juga. Tiba-tiba seorang ibu stengah baya dengan dua orang anaknya masuk. “mas, berapa harga semangkuk soto?” tanya ibu itu. “sepuluh ribu Bu” jawab tukang soto tersenyum. “kedua anak saya sungguh ingin makan soto tapi uang saya hanya Rp, 7000,- mas”. Terang si ibu sekali lagi. Sang ibu masih punya harga diri untuk tidak meminta penuh. “oh, tidak apa-apa bu. Ibu bertiga makan saja dan simpan uang ibu”. Ibu itu tersenyum dan membungkukan tubuhnya.
Menyaksikan peristiwa itu, saya tersenyum kagum. Mlihat keramahan dan kebaikan penjual soto. Lima menit setelah ibu dan anak beranjak pergi, seorang pemuda yang darri tadi duduk di pojok membayar dengan uang Rp. 100.000,- dan pergi begitu saja. “mas ini kembalianya,” panggil tukang soto. “saya makan satu mangkuk dan satu bungkus kerupuk. Sisanya untuk membayar ibu dan dua anak yang tadi, bang,” kata pemuda itu sembari menghidupkan sepeda motornya.
Saya benar-benar terpesona, dengan kebaikan-kebaikan yang dihadirkan di depan mata. Si ibu miskin yang jujur yang tidak mudah meminta. Penjual soto yang baik dan pemuda yang pemurah. Dan saya pun kecipratan kebahagiaan karena menyaksikan kejadian itu.
Ketiga pelaku peristiwa itu tidak berhubungan sama sekali, semuanya terjadi begitu saja. Tidak ada janji atau transaksi apapun. Semuanya terjadi dalam jalinan rahmat ilahi.
Jika seseorang tidak melulu menggunakan hukum dagang dan transaksional, tentu pintu keberkahan, kasih sayang, dan rejeki akan dibukakan dengan seluas- luasnya oleh Allah SWT.
Jika setiap orang lebih dahulu memberi dan bukan menerima dunia akan menjadi wahana kesejahteraan, keadilan dan banyak warna persaudaraan. Maha benar Allah yang telah berfirman : “siapa saja yang beriman dengan benar dan beramal soleh dengan penuh keimanan. Baik laki-laki maupun perempuan, kami pasti akan memberikan kehidupan yang baik kepadanya. Kami akan memberikan pahala yang lebih baik daripada amal shalih mereka.”(Q.S. An-Nahl [16]:97).
Dan jangan berharap menerima jika tidak memberi dengan ikhlas.

Semoga bermanfaat..!!!!
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: BERBAGI KEBAIKAN DI BULAN RAMADAN
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ujung-penaku.blogspot.com/2015/08/berbagi-kebaikan-di-bulan-ramadan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

credit for cara membuat email - Copyright of AYO MENULIS.